NURFATMAH, SABRINA and Effendy, Umar and Hairuddin, Hairuddin (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 139 PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FOTO. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (682kB) | Preview |
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (679kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (679kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (695kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (676kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06101413015_ 0009031003_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (676kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 139 Palembang melalui penerapan Media Foto dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri atas 16 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes belajar dan observasi. Berdasarkan data hasil tes keterampilan berbicara yang didapat pada Siklus I Pertemuan Pertama dengan persentase adalah 42,5% dan Siklus I Pertemuan Kedua dengan persentase 57,5%. Pada siklus II Pertemuan Pertama persentase mengalami peningkatan persentase 75% dan pada Siklus II Pertemuan Kedua persentase menjadi 87,5%. Terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan hasil tes keterampilan berbicara siswa ini juga didukung dengan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang terjadi peningkatan. Pada Siklus I Pertemuan Pertama aktivitas siswa sebesar 59,68% (cukup), pada Siklus I Pertemuan Kedua 68,75% (baik). Siklus II pertemuan pertama menjadi 78,43% (baik), dan siklus II pertemuan kedua 86,09% (baik sekali). Berdasarkan peningkatan hasil tes keterampilan berbicara dan hasil aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Foto dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan dapat di terapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, media foto |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 2738 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 08:54 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 08:54 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15384 |
Actions (login required)
View Item |