Cak Ingkling Fibonacci: ALat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Fibonacci Siswa SMP

Zulkardi, Zulkardi and Meryansumayeka, Meryansumayeka and Susanti, Elsa and Lesmana, Hendra (2024) Cak Ingkling Fibonacci: ALat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Fibonacci Siswa SMP. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 10 (1). ISSN 2614-8234

[thumbnail of 22006-60656-1-PB Artikel di Jurnal Fibonacci - Cak Ingkling.pdf] Text
22006-60656-1-PB Artikel di Jurnal Fibonacci - Cak Ingkling.pdf

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengembangan pada permainan yang bersifat tradisional yaitu Cak Ingkling yang diintegrasikan dengan pola bilangan Fibonacci menjadi sebuah alat peraga pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Alat peraga tersebut dinamakan dengan Cak Ingkling Fibonacci. Penelitian menggunakan metode R&D (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Alat peraga yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Hasil validasi ahli materi menunjukkan Cak Ingkling Fibonacci memperoleh rata-rata skor 41,5 yang berada pada kategori valid. Sementara hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 70 yang termasuk kategori valid. Alat peraga yang telah dinyatakan valid diujicobakan pada empat orang siswa SMP Srijaya Palembang kelas VIII. Untuk menilai kepraktisan alat peraga dilihat dari hasil penilaian Cak Ingkling Fibonacci dari guru dan siswa. Skor penilaian dari guru diperoleh 96 yang berada pada kategori praktis. Sementara skor dari penilaian siswa diperoleh rata-rata skor 82,5 yang juga berada pada kategori praktis. Untuk melihat keefektifan dianalisis dari hasil observasi saat uji coba dan didukung dengan hasil wawancara pada siswa. Dari analisis keduanya disimpulkan alat peraga Cak Ingkling Fibonacci efektif meningkatkan pemahaman konsep bilangan Fibonacci siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan Cak Ingkling Fibonacci yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Depositing User: Hendra Lesmana
Date Deposited: 18 Aug 2024 14:04
Last Modified: 18 Aug 2024 14:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/154431

Actions (login required)

View Item View Item