VITRIYANI, VINA and Hidayat, Iceng and Sanjaya, Sanjaya (2006) KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06013133023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06013133023_0018086301_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi verbal siswa pada pembelajaran kimia yang menggunakan pendekatan kooperatif di SMA plus Negeri 17 Palembang yang melibatkan 32 orang siswa kelas XI PSLA5. Data hasil penelitian berupa kemampuan komunikasi verbal yang didapatkan dari observasi yang dilakukan oleh enam orang mahasiswa FKIP Kimia UNSRI, dan jawaban angket yang digunakan untuk menunjang hasil data observasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa untuk 28,13% siswa dikategorikan sangat baik, 31,25% siswa dikategorikan baik dan 40,63% siswa dikategorikan cukup. Berdasarkan hasil angket, siswa berpendapat bahwa pendekatan kooperatif banyak memberikan kesempatan untuk melatih kemampuan berkomunikasi di depan umum, melatih rasa percaya diri dan melatih siswa untuk mampu menemukan pengetahuan sendiri sehingga siswa lebih sering untuk bertanya dan bertukar pendapat. Sehubungan dengan kesimpulan tersebut, disarankan hendaknya para guru kimia dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif dalam rangka mengembangkan kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran kimia. Kata kunci: kemampuan komunikasi verbal, pendekatan kooperatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi verbal, pendekatan kooperatif |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 05:05 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 05:05 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/154783 |
Actions (login required)
View Item |