RIDWAN, AHMAD and Susanti, Ely and Aisyah, Nyimas (2024) PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET BERDIFFERENSIASI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84102_06022682226008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (191kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (90kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226008_0029098002_0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan bahan ajar, media dan soal non-rutin dalam pembelajaran berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir matematis. Kemampuan berpikir matematis merupakan kemampuan utama dan penting karena terkait dengan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sebelumnya pengintegrasian teknologi sebagai bahan ajar dan media pembelajaran juga sudah digunakan dalam pembelajaran akan tetapi masih belum sesuai dengan karakteristik siswa, gaya belajar dan lingkungan belajar siswa akibatnya kemampuan berpikir matematis siswa masih kurang optimal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan digital worksheet berdiferensiasi yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir matematis siswa. Digital worksheet berdiferensiasi merupakan lembar kerja siswa berbasis digital yang memungkinkan siswa untuk melakukan banyak aktivitas baik secara auditori, visual, maupun kinestetik dalam bentuk yang menarik, mudah, dan menyenangkan serta jawaban siswa dapat langsung terkirim ke guru. Hal ini juga sejalan dengan pembelajaran terdiferensiasi yang dirumuskan oleh kemendikbud melalui Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Digital woorksheet Berdifferensiasi yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Martapura. Penelitian ini memformulasikan konsep, mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi baru dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian desain riset tipe development study dengan menggunakan tahapan menurut Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap preliminary dan tahapan formative evaluation, tahap ini terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan walkthrough dan lembar angket. walkthrough digunakan untuk menilai kevalidan produk digital worksheet sedangkan angket digunakan untuk menilai kepraktisan produk. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi validator dan angket siswa. Data yang didapatkan dari validator digunakan untuk mengukur kevalidan Digital Worksheet. Data angket siswa yang diperoleh digunakan untuk mengukur kepraktisan Digital Worksheet.Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Digital Worksheet yang dikembangkan termasuk katagori sangat valid dengan presentasi sebesar 83,4 % dan berkatagori praktis dengan presentasi sebesar 82,3 %. Kemudian data angket gaya belajar menunjukkan 63,33 % bergaya belajar visual, 13,33 % bergaya belajar audio dan 23,33 % bergaya belajar kinestetik. 23,33 %. Kemudian hasil tes kemampuan berpikir matematis siswa 10 % hasil tes kemampuan berpikir matematis siswa berada pada kategori Kurang, 23,33 % Cukup, dan berkatagori baik 66,67 % Baik. Kata kunci: Pengembangan, Digital Worksheet, Berdifferensiasi, Berpikir Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Digital Worksheet, Berdifferensiasi, Berpikir Matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Ahmad Ridwan |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 06:38 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157527 |
Actions (login required)
View Item |