DESAIN PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SMP

IFANA, BERNIKA INDRIALIS and Aisyah, Nyimas and Susanti, Ely (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226012_10116402_0029098002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persamaan garis lurus merupakan salah satu topik matematika yang masih ada kesulitan dalam mempelajarinya. Penyebab kesulitan tersebut adalah seringkali topik ini dijelaskan dengan banyak rumus yang harus dihafal, tanpa pemahaman yang mendalam, kurangnya pelatihan penalaran dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan pembelajaran persamaan garis lurus dengan menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) dalam mendukung pemahaman relasional siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah penelitian desain, yang berfokus pada desain lintasan pembelajaran, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu analisis pendahuluan, eksperimental, dan retrospektif yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Palembang yang terdiri dari 32 orang di kelas 8.2 untuk percobaan percontohan dan 36 orang di kelas 8.1 untuk percobaan pengajaran, dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam narasi. Hasil dari penelitian ini adalah lintasan pembelajaran yang terdiri dari dua kegiatan, yaitu 1) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis melalui dua titik dan 2) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis tegak lurus terhadap suatu garis. Lintasan pembelajaran yang dikembangkan mampu mendukung pemahaman relasional siswa dimana dalam proses pembelajaran siswa diarahkan untuk memanfaatkan berbagai pengetahuan yang dimiliki, menentukan cara atau strategi yang paling efektif dan efisien, memberikan solusi yang terperinci, dan percaya pada kebenaran jawaban yang digunakan dalam memecahkan masalah. Kata-kata kunci: Desain Pembelajaran, Persamaan Garis Lurus, Rigorous Mathematical Thinking, Pemahaman Relasional

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Persamaan Garis Lurus, Rigorous Mathematical Thinking, Pemahaman Relasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Bernika Indrialis Ifana
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:43
Last Modified: 19 Sep 2024 06:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157589

Actions (login required)

View Item View Item