STRATEGI KOMUNIKASI OTORITAS JASA KEUANGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PADA PEREMPUAN PELAKU UMKM DI PALEMBANG

SHAHIRA, FIDDIE and Hapsari, Dyah and Andarini, Rindang Senja (2024) STRATEGI KOMUNIKASI OTORITAS JASA KEUANGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PADA PEREMPUAN PELAKU UMKM DI PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (890kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025216_0001016025_0011028805_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Literasi keuangan merupakan hal yang tengah menjadi perhatian pemerintah saat ini. Literasi keuangan terbukti berpengaruh terhadap berbagai sektor, salah satunya adalah mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama pada UMKM, khususnya perempuan yang sering menghadapi tantangan lebih besar dalam mengakses informasi keuangan. OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung juga turut bertanggung jawab dalam mengedukasi masyarakat, salah satunya perempuan pelaku UMKM di Palembang. Penelitian ini melihat bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan OJK dalam meningkatkan literasi keuangan pada perempuan pelaku UMKM. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori strategi komunikasi dari Onong Uchjana Effendy dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OJK melaksanakan strategi komunikasi sesuai dengan dimensi dari teori, meskipun masih memerlukan improvement dalam media komunikasi Instagram dan Learning Management System (LMSku). Pada dimensi mengenali sasaran komunikasi, OJK berusaha memahami background audiens dan menciptakan situasi yang kondusif untuk meminimalisasi hambatan. Lalu, pada dimensi pengkajian tujuan pesan, OJK menggunakan teknik pesan informatif, persuasif, menggunakan pesan dengan fear appeal, dan menggunakan infografis. Pada dimensi media komunikasi, OJK menggunakan media PowerPoint, Instagram, dan LMSku. Dimensi terakhir, yaitu peran komunikator, OJK memastikan kredibilitas komunikator dengan daya tariknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komukasi, Ottoritas jasa keuangan, literasi keuangan, UMKM perempuan
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Fiddie Shahira
Date Deposited: 19 Sep 2024 08:14
Last Modified: 19 Sep 2024 08:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157612

Actions (login required)

View Item View Item