KAJIAN PENGARUH GEOMETRI JALAN TERHADAP PRODUKSI ALAT ANGKUT BATUBARA DARI FRONT LOADING MTBS - STOCKPILE BWE DI PT BUKIT ASAM TBK TANJUNG ENIM

DAVALA, RAYHAN and Gobel, Alieftiyani Paramita and Suherman, Adang (2024) KAJIAN PENGARUH GEOMETRI JALAN TERHADAP PRODUKSI ALAT ANGKUT BATUBARA DARI FRONT LOADING MTBS - STOCKPILE BWE DI PT BUKIT ASAM TBK TANJUNG ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021282025072_0021089302_0016035602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT Bukit Asam Tbk merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pertambangan batubara dimana dalam proses penambangannya menggunakan metode tambang terbuka (surface mining). Metode tambang terbuka memerlukan geometri jalan angkut yang ideal atau sesuai standar karena memiliki peranan yang sangat penting dalam pencapaian target produksi penambangan, membuat kegiatan hauling menjadi lebih lancar, dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kondisi aktual geometri jalan angkut batubara berdasarkan AASHTO dan Kepmen ESDM 1827 tahun 2018 serta menganalisis pengaruh perbaikan jalan angkut terhadap capaian produksi alat angkut dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian pada jalan angkut pit MTBS didapatkan 3 segmen jalan kondisi lurus dan 3 segmen jalan kondisi tikungan yang tidak ideal, 3 segmen jalan dengan grade yang tidak ideal, 2 segmen jalan dengan cross slope yang tidak ideal. 3 segmen jalan dengan Superelevasi tidak ideal sedangkan jari-jari semua segmen tikungan sudah ideal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan perbaikan geometri jalan agar sesuai dengan geometri jalan yang ideal yaitu Lebar jalan lurus adalah 8,72 m. Lebar jalan tikungan adalah 14,80 m. Nilai grade atau kemiringan jalan maksimum adalah 8 %. Nilai cross slope ideal adalah 0,02 m/m – 0,04 m/m. Nilai Superelevasi untuk kecepatan 40 km/jam adalah 0,04 m/m – 0,1 m/m dengan lebar Jari-jari minimum adalah 47,36 m. Produktivitas alat angkut aktual (sebelum perbaikan) adalah 22,09 ton/jam atau 71.896,35 ton/bulan dengan cycle time alat angkut aktual adalah 1860,64 detik dan produktivitas alat angkut teoritis (setelah perbaikan) adalah 26,78 ton/jam dan 87.159,90 ton/bulan dengan cycle time alat angkut adalah 1534,81 detik. Produktivitas alat angkut setelah perbaikan geometri jalan mengalami peningkatan sebesar 4,69 ton/jam dan 15.263,55 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geometri Jalan, AASHTO, Cycle Time, Produktivitas
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Rayhan Davala
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:09
Last Modified: 25 Sep 2024 02:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/158031

Actions (login required)

View Item View Item