CHYNTIYA, CHYNDY and Nurhayati, Nurhayati and Utami, Sri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 PRABUMULIH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_01.front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (772kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (260kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121002018_0018076202_0006125804_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran ARIAS lebih berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Prabumulih dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.3 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran ARIAS dan kelas VII.2 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik analisis data yang menggunakan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Taraf signifikansi 95% (α = 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 50,64 meningkat menjadi 70,12 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa sebesar 19,48. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 50,16 meningkat menjadi 65,32 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 15,16. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi (μ1 ≠ μ2)” diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Prabumulih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, model pembelajaran ARIAS, menulis, teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 03:55 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 03:55 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15860 |
Actions (login required)
View Item |