HIPERREALITAS DALAM FOODSTAGRAMMING: STUDI TENTANG PENGGUNAAN FOTO ORANG LAIN DALAM REPRESENTASI KULINER DI INSTAGRAM

PRABUS, ALFIAGA and Lionardo, Andries and Andarini, Rindang Senja (2024) HIPERREALITAS DALAM FOODSTAGRAMMING: STUDI TENTANG PENGGUNAAN FOTO ORANG LAIN DALAM REPRESENTASI KULINER DI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031381924156_0001057901_0011028805_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy

Abstract

Penelitain ini mengkaji hiperrealitas kepalsuan dalam foodstagramming di instagram, khususnya penggunaan foto orang lain untuk repsentasi kuliner. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, manusia kina membangun identitas diri secara virtual, seringkali melalui media sosial seperti instagram. Generasi Z, yang sangat akrab dengan teknologi digital, sering memanipulasi foto makanan agar telihat menarik, untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan sosial. Fenomena ini menciptakan hiperrealitas terjadi dam bentuk-bentuknya dalam foodstagramming di instagram. Temuan menunjukkan bahwa pengguna sering memanfaatkan foto kuliner oranglain untuk menciptakan citra yang ideal di media sosial, menciptakan realitas yang lebih menarik daripada kenyataanya. Penelitian ini menggunakan meyode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian mengungkap bahwa motif utama di balik foodstagramming adalah dorongan untuk mendapatkan validasi sosial dan membangun identitas virtual yang menarik. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan memberikan pemahaman tentang dinamika sosial media dan dampaknya pada persepsi realitas, serta menawarkan wawasan tentang bagaimana teknologi mempengaruhi interaksi sosial dan foodstagramming dapat mempengaruhi perpepsi individu terhadap pengalaman kuliner mereka sendiri, menciptakan standar yang tidak realistis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hiperrealitas, foodstagramming, instagram, generasi Z, media sosial, representasi kuliner, manipulasi foto, identitas virtual
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Arfiaga Prabus
Date Deposited: 25 Nov 2024 07:25
Last Modified: 25 Nov 2024 07:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/159570

Actions (login required)

View Item View Item