DESAIN E-MODUL INTERAKTIF MATERI EKSPONENSIAL MENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING

FITRISYAH, MUHAMMAD AIDIL and Hapizah, Hapizah and Mulyono, Budi (2024) DESAIN E-MODUL INTERAKTIF MATERI EKSPONENSIAL MENGGUNAKAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_cover.jpg] Image
RAMA_84102_06022682226001_cover.jpg - Cover Image
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (943kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226001_0030057902_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu aspek penting dalam pendidikan pada abad 21 adalah pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, dengan tujuan untuk melatih keterampilan yang harus mereka miliki salah satunya adalah Computational Thinking. Computational Thinking (CT) merupakan kemampuan yang penting dimiliki karena dapat membantu peserta didik untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan cara yang sistematis, logis, dan kreatif, baik dalam dunia komputasi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan produk E-Modul Interaktif pada materi eksponensial yang valid dan praktis dan dapat mendukung kemampuan CT peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan tabel kriteria validitas dan kepraktisan. Hasil dari tahap expert review dan one-to-one, diperoleh kesimpulan dengan melihat komentar dan saran dari validator dengan persentase rata – rata kevalidan sebesar 90.8% yang menunjukkan bahwa E-Modul Interaktif materi eksponensial sudah sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari uji coba small group yaitu sebesar 82.7% yang menunjukkan bahwa E-Modul Interaktif yang telah dikembangkan oleh peneliti termasuk pada kriteria praktis. E-Modul Interaktif yang dikembangkan juga memiliki efek potensial dengan melihat hasil dari tes yang dilakukan dan didapat bahwa pada soal nomor 1 indikator yang sering muncul adalah indikator abstraksi sebesar 82,4%. Sedangkan pada soal nomor 2, indikator yang paling sering muncul adalah indikator pengenalan pola dan abstraksi yang muncul sebanyak 79.4% dan pada soal nomor 3, indikator yang seling muncul adalah indikator abstraksi sebanyak 85.3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Computational Thinking; Eksponensial; E-Modul Interaktif; Matematika; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Muhammad Aidil Fitrisyah
Date Deposited: 22 Nov 2024 01:49
Last Modified: 22 Nov 2024 01:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/159670

Actions (login required)

View Item View Item