ANSARI, AMALIA and Somakim, Somakim and Indaryanti, Indaryanti (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PRISMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (272kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (890kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06111408009_0006046302_000006046401_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (64kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 9 palembang yang berjumlah 30 orang siswa. Alat pengukur data ialah menggunakan lembar observasi data tes. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model PBL dengan kategori sangat baik dan baik adalah 72,63%, dimana persentase tersebut didapat dari penilaian kegiatan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menjumlahkan nilai siswa yang terkategori sangat baik dan baik pada setiap pertemuan dan hasilnya dibagi dengan banyak pertemuan yang dilaksanakan pada saat penelitian berlangsung. Model pembelajaran ini diategorikan baik karena terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tradisional ditinjau dari kegiatan dan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL dengan kategori sangat baik dan baik adalah 84,62%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran siswa dimana lebih dari separuh dari jumlah keseluruhan peserta didik mendapatkan nilai yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, hasil belajar matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:40 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16016 |
Actions (login required)
View Item |