AFIFA, MARDIAH and Wiyono, Ketang and Sriyanti, Ida (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS ETHNO-STEM SUMATERA SELATAN UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA MATERI FISIKA DASAR. Masters thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84103_06052682327016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (659kB) |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (330kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (560kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84103_06052682327016_0022057904_0008117801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis Ethno-STEM Sumatera Selatan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan adaptasi desain development and validation. Subjek penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa pendidikan fisika semester tiga. Analisis data dilakukan dengan CVR dan model Rasch melalui aplikasi MINISTEP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasrkan CVR terdapat 14 soal yang valid dengan nilai CVR=1. Berdasarkan hasil analisis model Rasch, instrumen asesmen yang dikembangkan valid dengan nilai raw variance explained by measurer adalah 45,1% yang berada dalam kategori sesuai serta nilai tiap butir soal memehui kriteria MNSQ, ZSTD, dan PT. Measur Corr. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen asesmen yang dikembangkan reliabel dengan reliabilitas person adalah 0,80 yang termasuk dalam kategori cukup, reliabilitas dari item adalah 0,95 yang berada dalam kategori istimewa dan nilai alpha cronbach adalah 0,80 berada dalam kategori bagus. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan fisika Universitas Sriwijaya pada mata kuliah fisika dasar menunjukkan terdapat 15% mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif yang tinggi, 35% mahasiwa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif yang sedang, dan 50% mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif yang rendah. Berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif, keterampilan mahasiswa pada indikator fluency yaitu 53,66%, indikator flexibility yaitu 50,82%, indikator originality yaitu 46,17%, dan indikator elaboration 45,57%. Hasil penelitian ini mengimplikasikan perlunya meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yang masih rendah, khususnya pada indikator elaboration dan originality, guna mendukung pengembangan keterampilan mahasiswa secara holistitik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ethno-STEM, Fisika Dasar, Instrumen Asesmen, Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2) |
Depositing User: | Mardiah Afifa |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:31 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/162169 |
Actions (login required)
View Item |