CHICILIA, VIONA and Haryani, Maefa Eka (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN HEYZINE FLIPBOOK PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA BINA WARGA 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06101282126049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (507kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126049_0027058501_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran materi struktur atom seringkali menghadapi kendala, terutama karena materi yang abstrak dan bahan ajar yang kurang menarik. E-modul menggunakan Heyzine Flipbook dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar yang monoton dan kurang mendukung pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul menggunakan Heyzine Flipbook materi struktur atom kelas X, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Proses pengembangan mengikuti lima tahapan utama, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Evaluasi formatif Tessmer terdiri atas self evaluation, one to one, expert review, small group dan field test. Hasil pada tahap expert review yang dianalisis menggunakan rumus V Aiken menunjukkan bahwa validasi media memperoleh nilai 0,891 (kategori valid), validasi materi 0,944 (kategori valid) dan validasi pedagogik 0,883 (kategori valid). Hasil uji kepraktisan pada tahap one to one menunjukkan nilai praktikalitas sebesar 82,4%, yang termasuk kategori sangat praktis. Pada tahap small group, nilai praktikalitas yang diperoleh nilai 84,08%, yang juga termasuk kategori sangat praktis. Hasil field test menghasilkan nilai N- Gain sebesar 0,89, yang termasuk kategori tinggi. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan Heyzine Flipbook pada materi struktur atom terbukti valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur Atom, E-Modul, Pengembangan, Heyzine Flipbook |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Viona Chicilia |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 08:43 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 08:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/163161 |
Actions (login required)
View Item |