FIRMANSYAH, RONI and Safitri, Sani and Kartika, Sri (2015) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (322kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (736kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (157kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87201_06111004021_0001086901_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Hubungan Positif Dan Signifikan Antara Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Tanjung Raja”. Tekhnik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Raja tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 200 orang. Pada penelitian ini hanya terdiri dari satu sampel, yaitu kelas XI.IPS 2 yang diambil melalui random sampling. Kelas yang menjadi sampel diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi sederhana. Setelah data dianalisis didapatlah korelasi sebesar 0,99. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis untuk seluruh populasi dengan kriteria jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan didapatkan data kelas eksperimen yaitu α = 0,05, dk = n-2 = 32, sehingga didapat thitung = 4, dan ttabel = 2,036. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dibandingkan ttabel, maka Ho ditolak, dan Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Raja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Group Investigation, hasil belajar peserta didik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 03:07 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:07 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16705 |
Actions (login required)
View Item |