PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP KELAS VIII

HUSNA, HAFIZHAH AULIA and Siahaan, Sardianto Markos (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_cover.jpg] Image
RAMA_84203_06111382126062_cover.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (700kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126062_0028066702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126062_0028066702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis artificial intelligence menggunakan Canva untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis pada materi usaha dan energi SMP kelas VIII yang valid dan praktis. Prosedur penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang mencakup tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri dari empat tahap: (1) self-evaluation, (2) expert review, (3) one-to-one evaluation, dan (4) small group evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi walkthrough dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada tahap expert review dinyatakan sangat valid dengan persentase 87,5% aspek desain, 95,0% aspek materi, dan 87,5% aspek bahasa. Uji kepraktisan menunjukkan kategori sangat praktis dengan persentase 92,22% pada tahap one-to-one evaluation dan 93,97% pada tahap small group evaluation. Seluruh siswa mencapai keterampilan berpikir kritis dengan baik, dibuktikan oleh Indikator berpikir kritis menunjukkan ketercapaian tinggi, terutama dalam memfokuskan pertanyaan (100%). Selain itu, respons siswa terhadap media pembelajaran sangat positif, dengan efektivitas tertinggi pada indikator memfokuskan pertanyaan serta bertanya dan menjawab pertanyaan menantang (94%). Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hafizhah Aulia Husna
Date Deposited: 13 Mar 2025 05:17
Last Modified: 13 Mar 2025 05:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/168621

Actions (login required)

View Item View Item