STUDI HINTERLAND CONNECTION UNTUK PERKUATAN FOOD SUPPLY CHAIN DI PULAU BANGKA

FIRDAUS, ORMUZ and Buchari, Erika (2025) STUDI HINTERLAND CONNECTION UNTUK PERKUATAN FOOD SUPPLY CHAIN DI PULAU BANGKA. Doctoral thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA-21001_03013681924002_COVER.pdf] Text
RAMA-21001_03013681924002_COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (768kB)
[thumbnail of RAMA_21001_03013681924002.pdf] Text
RAMA_21001_03013681924002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013681924002_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21001_03013681924002_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_01_front_ref..pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_01_front_ref..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_02.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_03.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_04.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_05.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_06_ref.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_07_Lamp.pdf] Text
RAMA_21001_03013682124002_0030106009_0015087403_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sebagai wilayah kepulauan, Pulau Bangka memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pasokan pangan dari luar pulau, seperti sembako dan sayur mayur. Ketergantungan ini mempengaruhi keberlanjutan rantai pasokan makanan (food supply chain). Berbeda dengan beberapa negara yang telah memiliki koneksi hinterland yang baik, distribusi logistik di Pulau Bangka, mulai dari produksi hingga sampai ke konsumen, masih menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi food supply chain mulai dari proses produksi, transportasi, hingga sampai ke konsumen, menganalisa faktor yang mempengaruhi food supply chain berdasarkan kondisi hinterland di Pulau Bangka, dan memilih rute terbaik food supply chain menggunakan Analysis Hierarchy Process. Dalam mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menganalisis data yang mencakup kriteria geometrik jalan, kriteria kinerja jalan, kriteria tata guna lahan, dan kriteria kondisi sosial, serta 16 sub kriteria sebagai variabel evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi rantai pasok pangan mengandalkan integrasi transportasi laut dan udara, dengan pelabuhan strategis seperti Tanjung Kalian, Pangkalbalam, Sadai, dan Tanjung Gudang, serta jalur udara dari Bandara Soekarno-Hatta ke Depati Amir untuk komoditas cepat rusak. Terdapat empat kriteria utama yang mempengaruhi food supply chain di Pulau Bangka, yaitu kinerja jalan (37,2%), geometrik jalan (28,9%), tata guna lahan (22,1%), dan kondisi sosial (11,9%). Rute terbaik adalah dari Palembang melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api ke Tanjung Kalian (Mentok) dan jalur Mentok-Puding Besar-Petaling-Pangkalpinang, dengan kontribusi terbesar sebesar 63%. Geometri dan kinerja jalan memiliki tingkat signifikansi "sangat penting" dalam mendukung hinterland connection, dengan skor masing-masing 4,150, diikuti tata guna lahan (3,520) dan kondisi sosial (2,260), yang berperan dalam efisiensi dan keberlanjutan rantai pasok pangan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dan mengembangkan strategi perbaikan food supply chain di Pulau Bangka, sekaligus menjadi panduan bagi pengambil keputusan dalam merencanakan infrastruktur transportasi yang lebih efisien dan berkelanjutan. Kata Kunci: Food supply chain, Analysis Hierarchy Process (AHP), hinterland connection Mahasiswa, Promotor, Ormuz Firdaus Prof. Ir. Erika Buchari, M.Sc., Ph.D NIM. 03013681924002 NIP. 196010301987032003

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Teknik Sipil, Transport
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Ormuz Firdaus
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:10
Last Modified: 09 Apr 2025 03:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/170024

Actions (login required)

View Item View Item