ELNAR, MARLIANTI ROSTIANTI and Kurnisar, Kurnisar (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE TERHADAP BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Image
RAMA_87205_06051282126050_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (596kB) |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126050_0005037604_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum Cambridge terhadap berpikir tingkat tinggi peserta didik di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dan XI Cambridge dengan jumlah 96 peserta didik diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan total sampel sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang dilakukan menggunakan uji One Sample T-Test didapatkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,001 ˂ 0,005. Penerapan kurikulum Cambridge yang mempengaruhi berpikir tingkat tinggi peserta didik terlihat dalam kerangka kurikulum Cambridge pada pilihan mata pelajaran yang luas dan aspek berpikir tingkat tinggi pada level evaluasi, dengan mencerminkan prinsip-prinsip teori pembelajaran kontruktivis dimana peserta didik dianggap sebagai pembelajar aktif yang membangun pengetahuan dan pengalaman untuk mengejar minat mereka baik dibidang sains, seni, dan bahasa. Maka keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan kurikulum Cambridge di SMA Negeri 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Cambridge, Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Marlianti Rostianti Elnar |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:37 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 09:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/175928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |