Insider Trading Salah Satu Bentuk Transaksi Yang di Larang dalam Perdagangan Saham di Pasar Modal

Rasyid, Muhamad (2013) Insider Trading Salah Satu Bentuk Transaksi Yang di Larang dalam Perdagangan Saham di Pasar Modal. Simbur Cahaya, XX (52). pp. 3679-3693.

[thumbnail of COVER_4.pdf]
Preview
Text
COVER_4.pdf

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_3.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_3.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_3.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_3.pdf

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of PENGANTAR_3.pdf]
Preview
Text
PENGANTAR_3.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pasar Modal (Capital Market) dipandang sebagai salah satu sarana yang efektif untuk menggalang dana jangka panjang dari masyarakat/Investor. Dalam Pelaksanaannya diharuskan bagi emiten yang telah going public (go public) untuk melaksanakan prinsip keterbukaan (Full Disclosure),karena keterbukaan merupakan roh/jiwa dari pasar modal. Dalam kenyataannya, sering terjadi publik mendapatkan informasi lebih awal karena informasi orang dalam (Inside Information) lalu mengadakan transaksi efek/saham di pasar modal. Dalam hal ini berarti telah terjadi transaksi efek/saham berdasarkan atau dimotivasi atas informasi orang dalam yaitu"Insider Trading".Insider Trading merupakan salah satu bentuk transaksi efek/saham yang dilarang dalam pasar Modal. Karena selain menimbulkan ketidakadilan dalam penerimaan informasi juga tidak menunjang adanya transaksi/saham yang efisien,berdampak negatif bagi emitendan merugikan masyarakat pemodal/investor.Hampir di seluruh dunia termasuk indonesia praktik insider trading ini dilarang.Namun tingkat pelarangannyaberbeda-beda.Ada sebagian Negara (seperti Indonesia,Amerika) yang secara tegas melarang di dalam undang-undangnya dan adapula yang hanya berupa aturan yang bersifat aturan tambahan. di Indonesia ketentuan larangan insider Trading ini telah ditegaskan dalam pasal-pasal pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Item Type: Article
Additional Information: Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya Jalan Raya Palembang Prabumulih KM 32 Inderalaya Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30662 Tlp.0711-580063 Fax.0711-581179
Uncontrolled Keywords: Insider Trading,Transaksi,Saham,Pasar Modal
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: rasyid muhamad
Date Deposited: 22 Nov 2019 07:17
Last Modified: 22 Nov 2019 07:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17688

Actions (login required)

View Item View Item