PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA INFLUENCER ATAS TESTIMONI PALSU DALAM KONTEN ENDORSEMENT MELALUI INSTAGRAM

PUTRI, NABILA TIARA and Handayani, Sri and Ramadhan, Muhammad Syahri (2025) PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA INFLUENCER ATAS TESTIMONI PALSU DALAM KONTEN ENDORSEMENT MELALUI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_cover.jpg] Image
RAMA_74201_02011382126412_cover.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011382126412_0007027001_0227039201_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Influencer memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen melalui media sosial, terutama dalam kegiatan promosi produk. Namun, promosi yang dilakukan tidak jarang menimbulkan permasalahan hukum, khususnya ketika informasi yang disampaikan bersifat menyesatkan atau tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pertanggungjawaban hukum influencer terhadap konsumen yang dirugikan akibat promosi produk, serta menelaah perlindungan hukum yang tersedia bagi konsumen dalam konteks transaksi berbasis digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Penarikan kesimpulan diambil secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, influencer dapat dimintai pertanggungjawaban hukum apabila terbukti melanggar hak konsumen sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya kekosongan pengaturan spesifik terhadap aktivitas endorsement di media sosial, sehingga perlu adanya regulasi khusus yang mengatur kewajiban dan tanggung jawab influencer. Penelitian ini merekomendasikan adanya pembaruan hukum serta pengawasan yang lebih ketat terhadap praktik promosi digital, guna memastikan terpenuhinya hak-hak konsumen dalam era komunikasi berbasis internet. Kata Kunci : Influencer, Pertanggungjawaban Hukum, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Influencer, Pertanggungjawaban Hukum, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General) > K600-615 Private law
K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law
K Law > K Law (General) > K625-709 Persons
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Nabila Tiara Putri
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:05
Last Modified: 08 Jul 2025 02:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/177056

Actions (login required)

View Item View Item