PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII

MANALU, YUNITA SARI and Susanti, Ely and Somakim, Somakim (2016) PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_02.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_03.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_04.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_05.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06111008031_0029098002_0006046302_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Indralaya Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 20 orang. Data dalam pelaksanaan penerapannya melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan pada langkah – langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Berdasarkan observasi bahwa penerapan pendekatan active learning tipe Index Card Match diperoleh presentase keterlaksaannya yaitu memperhatikan penjelasan 58,73%, terlibat aktif dalam pengambilan dan pencarian pasangan kartu indeks 96,83%, melakukan sesuatu untuk memahami materi pelajaran (membangun pemahaman) 70,63%, berkomunikasi dengan siswa/kelompok lain 62,70%, mampu membuat laporan/presentase 37,30%, berpikir reflektif 42,06%. Sedangkan presentase ketercapaian hasil belajar siswa adalah 5% kategori sangat baik, 65% kategori baik, 25% kategori cukup, dan 5% kategori kurang baik. Dengan demikian penerapan pendekatan active learning tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pendekatan Active Learning Tipe Index Card Match
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics > QA612 Mathematica (Computer file) Algebraic topology. Group theory. Manifolds (Mathematics)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Users 2674 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:13
Last Modified: 22 Nov 2019 03:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17763

Actions (login required)

View Item View Item