HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI DAN MUTU LAYANAN TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN PENGGUNA APLIKASI HALODOC PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

PUTRI, SALSABILA RAHEND and Jaji, Jaji and Fitriani, Sukmah (2025) HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI DAN MUTU LAYANAN TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN PENGGUNA APLIKASI HALODOC PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_14201_04021282126065_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_02.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_03.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_04.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (790kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_05.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_06_ref.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_07_lamp.pdf] Text
RAMA_14201_04021282126065_0214057601_3428028801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam layanan kesehatan, termasuk melalui aplikasi telemedicine seperti Halodoc. Akses informasi kesehatan menjadi lebih cepat dan mudah, terutama bagi mahasiswa keperawatan yang membutuhkan informasi akurat dan relevan untuk mendukung studi akademik dan kesiapan profesional. Namun, masih ditemukan mahasiswa yang merasa kurang puas terhadap kualitas informasi dan mutu layanan Halodoc, seperti informasi yang tidak sesuai kebutuhan akademik, respon dokter lambat, serta penjelasan kurang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas informasi dan mutu layanan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan pada pengguna aplikasi Halodoc. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel berjumlah 82 mahasiswa keperawatan Universitas Sriwijaya yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kualitas informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi (r = 0,235; p-value = 0,033) dan antara mutu layanan dengan pemenuhan kebutuhan informasi (r = 0,508; p-value = 0,000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan mutu layanan berpengaruh positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa. Peningkatan konten dan pelayanan Halodoc sangat diperlukan agar lebih optimal bagi pengguna akademik. Kata Kunci: Halodoc, kualitas informasi, mutu layanan, pemenuhan kebutuhan informasi, mahasiswa keperawatan, telemedicine.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Halodoc, kualitas informasi, mutu layanan, pemenuhan kebutuhan informasi, mahasiswa keperawatan, telemedicine.
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 14201-Nursing (S1)
Depositing User: Salsabila Rahend Putri
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:08
Last Modified: 11 Jul 2025 04:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/177710

Actions (login required)

View Item View Item