TRANSPARANSI TERHADAP PEMBERIAN KEWAJIBAN INFORMASI DI DALAM POLIS ASURANSI DITINJAU DARI PERLINDUNGAN KONSUMEN

RABBANIYAH, LATHIFAH and Primadianti, Helena and Muhammad, Syahri Ramadhan (2025) TRANSPARANSI TERHADAP PEMBERIAN KEWAJIBAN INFORMASI DI DALAM POLIS ASURANSI DITINJAU DARI PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_cover.pdf] Image
RAMA_74201_02011282126269_cover.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126269_0014098601_0227039201_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asuransi hadir sebagai bentuk pengalihan risiko untuk melindungi masyarakat dari kerugian yang tidak terduga, namun sering kali muncul permasalahan ketika isi polis tidak disampaikan secara transparan sehingga menyebabkan gagal klaim. Ketidakjelasan informasi ini menimbulkan kerugian bagi tertanggung dan memunculkan urgensi perlindungan hukum melalui Undang-Undang Perlindungan Konsumen guna menjamin hak-hak nasabah secara adil dan pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa yang menyebabkan misinformasi di dalam polis asuransi dan bagaimana perlindungan hukum terhadap kasus gagal klaim yang disebabkan oleh misinformasi di dalam polis asuransi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif yuridis yang menggunakan sumber hukum berupa buku, peraturan perundang-undang putusan mahkamah agung, dan jurnal penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa misinformasi disebabkan oleh ketidakakuratan data yang diberikan nasabah di dalam polis, ketidakakuratan komunikasi antara nasabah dengan perusahaan asuransi, dan kurangnya pemahaman nasabah terhadap isi polis asuransi. Perlindungan hukum terhadap nasabah dalam hal ini terbagi menjadi dua bentuk, yaitu preventif dan represif. Perlindungan preventif dilakukan melalui pengaturan klausula baku yang adil dan transparan, serta pembentukan regulasi yang menjamin keseimbangan hak dan kewajiban. Sementara perlindungan represif muncul saat terjadi sengketa, di mana nasabah berhak menyelesaikan melalui lembaga mediasi, arbitrase, maupun pengadilan. Kata Kunci: Asuransi; Perlindungan Hukum; Polis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Perlindungan Hukum; Polis
Subjects: K Law > K Law (General) > K600-615 Private law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Lathifah Rabbaniyah
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:55
Last Modified: 23 Jul 2025 01:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/179736

Actions (login required)

View Item View Item