PERLINDUNGAN KOSUMEN ATAS INFORMASI YANG TIDAK SESUAI DALAM PENAWARAN BARANG OLEH PELAKU USAHA YANG TERCANTUM DALAM MEDIA SOSIAL

TAMBUNAN, ADVENATA and Turatmiyah, Sri and Handayani, Sri (2025) PERLINDUNGAN KOSUMEN ATAS INFORMASI YANG TIDAK SESUAI DALAM PENAWARAN BARANG OLEH PELAKU USAHA YANG TERCANTUM DALAM MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_cover.jpg] Image
RAMA_74201_02011281823200_cover.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262kB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200-TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200-TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011281823200_0001116501_0007027001_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu perikatan yang timbul dari alih fungsi media sosial ini yakni perikatan berbentuk jual beli secara online yang dikenal dengan e-commerce. Konsep e-commerce menjadikan dasar timbulnya konsep pasar eletronik yang biasa dikenal sebagai marketplace. Marketplace Facebook merupakan salah satu platfrom yang mudah digunakan untuk transaksi jual beli online. Hanya dengan menuliskan produk yang diinginkan maka akan banyak jenis barang yang ditampilkan dengan harga yang paling murah hingga barang yang paling mahal serta terdapat barang bekas yang masih layak pakai dan barang yang masih baru. Dengan adanya banyak kemudahan yang didapat pada platfrom Marketplace Facebook, tidak menutup kemungkinan bahwa konsumen mengalami banyak kerugian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlindungan hukum konsumen dan penyelesaian sengketa atas informasi yang tidak sesuai dalam penawaran barang dari pelaku usaha yang tercantum pada Marketplace Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan hukum konsumen atas informasi yang tidak sesuai dalam penawaran barang dari pelaku usaha, maka pelaku usaha dikenakan sanksi sanksi perdata masing-masing berupa kompensasi, ganti rugi, atau sanksi pidana berupa denda dan penjara. Selanjutya untuk penyelesaian sengketa atas informasi yang tidak sesuai dalam penawaran barang dari pelaku usaha yang tercantum dalam media sosial dapat dilakukan dengan mengembalikan produk atau pengembalian uang jika ditemukan pada saat itu lalai dalam menyebabkan kerugian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Media Sosial, Penawaran, Perlindungan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
K Law > K Law (General) > K1024-1132 Commercial contracts
K Law > K Law (General) > K1026-1045 Sale of goods
K Law > K Law (General) > K133 Legal aid. Legal assistance to the poor
K Law > K Law (General) > K1700-1973 Social legislation
K Law > K Law (General) > K2100-2385 Courts. Procedure
K Law > K Law (General) > K270-274 Acts and events
K Law > K Law (General) > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
K Law > K Law (General) > K7265-7305 Contracts
K Law > K Law (General) > K970 Compensation to victims of crime. Reparation
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Advenata Tambunan
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:06
Last Modified: 25 Jul 2025 04:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/180526

Actions (login required)

View Item View Item