SARI, DEVI PERMATA and Wiyono, Ketang and Siahaan, Sardianto Markos (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MATERI LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK BERBASIS STEM PADA KONTEKS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PALEMBANG UNTUK MELATIH KREATIF SISWA. Masters thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Image
RAMA_84103_06052682327003_cover.jpeg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (879kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84103_06052682327003_0022057904_0028066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan e-modul fisika listrik arus bolak-balik berbasis STEM pada konteks Light Rail Transit (LRT) Palembang untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, development dan disseminate).Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian pada tahap define menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mendukung pembelajaran berpusat pada siswa dan fleksibel bagi guru. Namun, keterbatasan bahan ajar membuat siswa cenderung menghafal tanpa memahami, terutama dalam fisika berbasis STEM. Oleh karena itu, diperlukan e-modul fisika berbasis STEM pada konteks LRT Palembang. Selanjutnya, pada tahap design, dirancang struktur e-modul yang terdiri atas komponen pendahuluan, penyajian materi berbasis pendekatan STEM, aktivitas soal berpikir kreatif, serta integrasi konteks LRT. Pada tahap develop menunjukkan validasi ahli diperoleh untuk aspek isi sebesar 100% (sangat valid), aspek bahasa sebesar 83,3% (valid) dan aspek desain media sebesar 95,2% (valid). Pada tahap uji coba terbatas diperoleh persentase untuk aspek kemudahan penggunaan sebesar 95% (sangat praktis), aspek tampilan dan desain 96,66% aspek penyajian materi mendapatkan persentase sebesar 93,33% (sangat praktis), pada aspek manfaat mendapatkan persentase 95% (sangat praktis). Pada tahap uji coba luas didapatkan hasil untuk aspek kemudahan penggunaan sebesar 98,75% (sangat praktis), aspek tampilan dan desain sebesar 86,66% (sangat praktis) dan aspek penyajian materi 97,5% serta aspek manfaat mendapatkan persentase sebesar 97,5% (sangat praktis). Pada tahap disseminate, e-modul fisika listrik arus bolak-balik berbasis STEM dalam konteks Light Rail Transit (LRT) Palembang terbukti efektif, dengan perolehan N-Gain sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori tinggi untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Dapat disimpulkan bahwa e-modul yang telah dikembangkan, yang termasuk dalam kategori valid dan praktis, terbukti efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Efektivitas tersebut ditunjukkan melalui perolehan nilai N-Gain yang tinggi pada tahap uji coba penyebaran. Oleh karena itu, e-modul ini layak dan dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran fisika di tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul STEM, listrik arus bolak-balik, LRT Palembang, keterampilan berpikir kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QC Physics > QC501-766 Electricity and magnetism |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2) |
Depositing User: | Devi Permata Sari |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 14:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 14:49 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/180799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |