PROFIL DAN KORELASI SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPA_BIOLOGI DI SMP KARYA DHARMA BHAKTI PALEMBANG

TAMBUNAN, RUTH NITA YOHANA and Madang, Kodri (2025) PROFIL DAN KORELASI SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR IPA_BIOLOGI DI SMP KARYA DHARMA BHAKTI PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_cover.jpeg] Image
RAMA_84205_06091381823050_cover.jpeg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB)
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (466kB)
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381823050_0008016901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091381823050_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil deskriptif sikap ilmiah dan motivasi belajar peserta didik serta hubungan antara sikap ilmiah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Biologi di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional, dengan sampel terdiri dari 52 siswa kelas VII A, VII B, dan VII C, yang diambil melalui teknik proporsional dan random sampling. Penelitian ini dilaksanakan dari Februari 2022 hingga Desember 2024. Instrumen penelitian mencakup angket sikap ilmiah yang diadopsi dari Madang & Ong (2023) dan angket motivasi belajar dari Septiani (2019). Data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi profil sikap ilmiah dan motivasi belajar, serta secara korelasional untuk menguji hubungan antara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata total motivasi belajar siswa sebesar 72,80 (kategori baik) dengan standar deviasi 5,06, yang menunjukkan konsistensi motivasi antarindividu. Sikap ilmiah siswa juga berada pada kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,13 dan standar deviasi 0,45. Indikator jujur memiliki rata-rata tertinggi (3,3), diikuti oleh sikap ingin tahu (3,29). Namun, analisis korelasi menunjukkan hubungan sangat lemah antara sikap ilmiah dan motivasi belajar (r=0,19) yang tidak signifikan secara statistik (p=0,182). Model regresi menunjukkan kemampuan prediktif yang rendah (R=0,185, R2=0,034, hanya menjelaskan 3,4% variasi motivasi belajar. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun siswa memiliki sikap ilmiah dan motivasi belajar yang baik, hubungan keduanya tidak cukup kuat untuk dijadikan prediktor signifikan. Diperlukan pendekatan lain untuk mengintegrasikan kedua aspek ini dalam pembelajaran. Kata Kunci: Korelasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korelasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Ruth Nita Yohana Tambunan
Date Deposited: 26 Jul 2025 05:50
Last Modified: 26 Jul 2025 05:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/180919

Actions (login required)

View Item View Item