ANALISIS TEBAL LAPIS TAMBAH SERTA PENGUPASAN DAN PELAPISAN KEMBALI PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDP 2017 DAN PROGRAM KENPAVE-KENLAYER

SUDARMADI, HERI and Kadarsa, Edi and Agustien, Melawaty (2025) ANALISIS TEBAL LAPIS TAMBAH SERTA PENGUPASAN DAN PELAPISAN KEMBALI PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDP 2017 DAN PROGRAM KENPAVE-KENLAYER. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_COVER.png]
Preview
Image
RAMA_22101_03022682226001_COVER.png - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_02.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_04.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_05.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_06_ref.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_07_lamp pdf.pdf] Text
RAMA_22101_03022682226001_0203117301_0015087403_07_lamp pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (966kB) | Request a copy

Abstract

Perkerasan jalan tol sebagai infrastruktur transportasi utama memegang peranan penting dalam mendukung distribusi logistik dan mobilitas masyarakat. Namun, peningkatan beban lalu lintas yang signifikan sering kali menyebabkan kerusakan struktural pada perkerasan, sehingga menurunkan kualitas pelayanan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan tebal lapis tambah (overlay) serta metode pengupasan dan pelapisan kembali (mill and inlay) pada perkerasan lentur dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 dan program Kenpave-Kenlayer.Studi kasus dilakukan pada Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, tepatnya di KM 300 hingga KM 305. Data yang digunakan meliputi hasil pengujian lendutan menggunakan Falling Weight Deflectometer (FWD), data lalu lintas harian, serta kondisi struktur perkerasan eksisting. Analisis dilakukan dengan menghitung lendutan representatif, lendutan izin, serta estimasi kerusakan akibat kelelahan (fatigue) dan deformasi permanen.Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan tebal overlay dan desain mill and inlay yang dihasilkan oleh kedua metode. Pendekatan MDP 2017 didasarkan pada evaluasi lendutan permukaan, sedangkan metode Kenpave-Kenlayer menggunakan pendekatan mekanistik-empiris melalui simulasi tegangan dan regangan pada struktur perkerasan. Tebal overlay yang diperoleh dengan metode MDP 2017 adalah 210 mm, sedangkan dengan Kenpave-Kenlayer sebesar 150 mm. Untuk metode mill and inlay, MDP 2017 menghasilkan ketebalan pengupasan 510 mm dan pelapisan kembali 530 mm, sementara Kenpave-Kenlayer ketebalan pengupasan 460 mm dan pelapisan kembali 460 mm. Dari segi efisiensi biaya konstruksi, Kenpave-Kenlayer memberikan hasil yang lebih ekonomis dibandingkan MDP 2017. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengambilan keputusan teknis dalam rehabilitasi perkerasan lentur secara tepat guna dan efisien. Pendekatan mill and inlay dapat menjadi solusi alternatif yang lebih efektif, khususnya apabila kerusakan struktural tidak dapat ditangani secara optimal hanya dengan penambahan lapis overlay. Kata kunci: Overlay, mill and inlay, MDP 2017, Kenpave-Kenlayer.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22101-Civil Engineering (S2)
Depositing User: Heri Sudarmadi
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:26
Last Modified: 12 Sep 2025 08:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/183896

Actions (login required)

View Item View Item