PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 10 PALEMBANG

SILVIA, ANITA and Sanjaya, Sanjaya and W, K. Anom (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84204_06121410002.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_02.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_03.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_04.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_05.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_06_ref.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84204_06121410002_0007036305_0006045902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 10 Palembang dengan penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes akhir siklus. Berdasarkan penelitian, diperoleh rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 62,7% dan siklus II sebesar 85%. Dari data angket pada siklus I secara keseluruhan siswa percaya diri, materi pelajaran relevan, siswa minat terhadap pelajaran, dan puas terhadap pembelajaran. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa sangat percaya diri, materi pelajaran sangat relevan, siswa sangat minat terhadap pelajaran, dan sangat puas terhadap pembelajaran. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) sebesar 34,2% dengan skor rata-rata hasil belajar siswa 70,26. Setelah diberi tindakan, pada siklus I (T1) ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 71% dengan skor rata-rata hasil belajar siswa 75 dikarenakan penerapan model pembelajaran ARIAS. Pada siklus II (T2) skor rata-rata hasil belajar siswa 86,2 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 94,7% dikarenakan terjadi perbaikan tindakan yaitu memberikan penjelasan, meminta semua siswa mengangkat tangan, menegaskan siswa terlibat aktif dalam diskusi, meminta semua kelompok memberi tanggapan, memberi penghargaan berupa hadiah, memperbanyak latihan. Tidak dilanjutkan ke siklus III karena ketuntasan hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS), dapat disimpulkan T2>T1>T0. Disarankan kepada guru yang mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS) agar hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 26 Nov 2019 05:26
Last Modified: 26 Nov 2019 05:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item