STRATEGI IMPRESSION MANAGEMENT PELAKU FLEXING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KOMPARATIF PADA AKUN INSTAGRAM @IBNUWARDANI DAN @ADELINEMARGARET)

SINTIA, SEPNY and Pratiwi, Miftha (2025) STRATEGI IMPRESSION MANAGEMENT PELAKU FLEXING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KOMPARATIF PADA AKUN INSTAGRAM @IBNUWARDANI DAN @ADELINEMARGARET). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_cover.jpeg] Image
RAMA_70201_07031181823019_cover.jpeg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031181823019_0031059202_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031181823019_0031059202_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Impression Management yang dilakukan oleh influencer yaitu Ibnu Wardani dan Adeline Margaret di Instagram sebagai bentuk representasi diri. Impression Management merupakan upaya seseorang untuk mengendalikan atau memanipulasi persepsi orang lain terhadap kesan dirinya. Penelitian ini fokus kepada peran media sosial khususnya Instagram sebagai platform yang digunakan untuk membangun dan mengelola citra diri seorang influencer yang terkenal dengan tindakan flexing. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten Instagram dari akun Ibnu Wardani dan Adeline Margaret. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi terhadap postingan, caption dan interaksi followers. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti jenis konten, gaya komunikasi, filter visual dan respon terhadap komentar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ibnu Wardani dan Adeline Margaret sebagai influencer menggunakan Instagram untuk salah satu alat utama dalam kegiatan mempresentasikan identitas dan membangun citra yang diinginkan. Mereka secara aktif merancang postingan dengan memperhatikan estetika visual, merancang caption yang mendukung narasi dan berinteraksi dengan followers untuk memperkuat kesan positif. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi adanya penggunaan strategi Impression Management dengan strategi yang dominan dipakai oleh kedua subjek penelitian adalah strategi self promotion dikarenakan strategi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Kata Kunci: Impression Management, Representasi diri, Flexing, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Representasi diri, Flexing, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Sepny Sintia
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:06
Last Modified: 24 Sep 2025 07:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/184742

Actions (login required)

View Item View Item