Susanti, Rahmi and Lucia, Maria Santoso and Meilinda, Meilinda (2007) Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. In: Prosiding Seminar Nasional, Tema "Perkembangan Biologi dan Pendidikan Biologi untuk Menunjang Profesionalisme. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, pp. 174-177. ISBN 978-979-25-0596-2
Preview |
Text
Prosiding_seminar_nasional_UPI_2007.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak implementasi terhadap tingkat partisipasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Unsri melalui model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada mata kuliah Teknik Laboratorium. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pokok bahasan. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) persiapan tindakan, (2)implementasi tindakan, (3)pemantauan dan evaluasi,4)analisis dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan digunakan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Data hasil pengamatan berupa penggunaan waktu, partisipasi belajar mahasiswa, dan keaktifan mahasiswa dalam diskusi, serta hasil tes tertulis dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknik Laboratorium
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Rahmi Susanti |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 07:14 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 07:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18512 |
Actions (login required)
View Item |