Kekuasaan di Arena Pendidikan Berbasis Keagamaan Suatu Perspektif Cultural Studies

Taqwa, Ridhah Kekuasaan di Arena Pendidikan Berbasis Keagamaan Suatu Perspektif Cultural Studies. In: 100 tahun Kebangkitan Nasional Dalam Berbagai Persfektif. Himpunan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pp. 467-483.

[thumbnail of Buku_100_Tahun_Kebangkitan_Nasional.pdf]
Preview
Text
Buku_100_Tahun_Kebangkitan_Nasional.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Arena pendidikan tidak streril dari praktik kekuasaan. Modal kekuasaan berlangsung praktik kekuasaan itu adalah otoritas, pengetahuan, kepentingan dan idiologi. Idiologi yang bersumber dari "nilai agama seperti kepatuhan, maupun nilai dalam pendidikan potensial menjadi modal beroperasinya praktik kekuasaan. Karena itu usaha untuk menyemaikan praktik demokrasi deliberatif di arena pendidikan, terkendala oleh praktik dominasi kekuasaan tersebut. Akibatnya partisipasi masyarakat luas dalam menyelenggaraan pendidikan juga menjadi minimal. Ada pula kecenderungan sejumlah pihak berusaha melakukan perlawanan terhadap praktik kekuasaan di arena pendidikan. Resistensi tersebut sebagai bagian dari semangat demokratisasi, sebagaimana yang terjadi para arena politik. Proses ini penting artinya untuk menjadikan arena pendidikan sebagai arena pembebasan dari praktik dominasi. Realasi antara stakeholder di arena pendidikan penting untuk dikaji secara mendalam dan selanjutnya ditata untuk menyemaikan praktik demokrasi deliberatif.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kekuasaan, Idiologi, Resistensi, Sumber Kekuasaan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: DR Ridhah Taqwa
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:49
Last Modified: 03 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item View Item