PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

SARI, MEILANI TIRTA and Slamet, Adeng and Madang, Kodri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLASS-WIDE PEER TUTORING (CWPT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_0011066004_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520012_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520012_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik yang mengikuti model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas XI SMA Negeri 2 Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group desaign. Teknik penentuan sampel ialah simple random sampling. Peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan peserta didik kelas XI IPA 2 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep menggunakan soal obyektif berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 butir item dan data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang memuat 6 indikator aktivitas yaitu visual, lisan, mendengarkan,menulis, mental dan emosional. Data hasil pemahaman konsep selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Class-Wide Peer Tutoring dapat meningkatkan : (1) Kemampuan pemahaman konsep pada materi reproduksi kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Palembang meningkat dari rata-rata tes awal yaitu 56,2 dengan kategori cukup dan meningkat menjadi rata-rata 83,7 dengan kategori sangat baik pada tes akhir. (2).Aktivitas belajar peserta didik pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Signifikansi hasil pemahaman konsep peserta didik sebesar 0,000<0,05 yang meunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Palembang tahun ajajaran 2018/2019. Kata-kata kunci : Class-wide peer tutoring, pemahaman konsep, aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Class-wide peer tutoring, pemahaman konsep, aktivitas belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 3443 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:00
Last Modified: 02 Dec 2019 06:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/19396

Actions (login required)

View Item View Item