WULANDARI, BETRA and Alwi, Zahra and Mulyani, Sri Rarasati (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (304kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (82kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (338kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (84kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_ 06091402025_ 0006125201_ 0001105603_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa sajakah yang terdapat pada novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak semua nilai-nilai pendidikan karakter yang diadaptasi melalui Kemendiknas serta Aqib dan Sujak muncul, ini dikarenakan nilai yang tidak muncul hanya dibahas secara tersirat. Dari 25 nilai-nilai pendidikan karakter, hanya 16 yang ada yaitu nilai, 1) religius, 2) toleransi, 3) disiplin, 4) kerja keras, 5) kreatif, 6) rasa ingin tahu, 7) bergaya hidup sehat, 8) pecaya diri, 9) semangat kebangsaan, 10) berjiwa wirausaha, 11) menghargai prestasi, 12) bersahabat/komunikatif, 13) cinta damai, 14) peduli lingkungan, 15) peduli sosial, dan 16) santun. Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa nilai pendidikan religius muncul paling dominan dibandingkan nilai-nilai pendidikan karakter yang lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk selalu bersikap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Peneliti menyarankan agar selanjutnya meneliti tentang nilai-nilai pendidikan karakter mencakup ruang lingkup yang lebih luas lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai, pendidikan, karakter, novel, deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education P Language and Literature > PR English literature > PR821-890 Prose fiction. The novel |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2730 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 04:21 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 04:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20240 |
Actions (login required)
View Item |