ICHWAN, RIZKY and Harlina, Harlina and Menarus, Romli (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI. IPA. 4 DI SMA NEGERI 1 KAYU AGUNG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (263kB) | Preview |
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (262kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86201_06101007036_0025045905_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (83kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi melalui metode diskusi kelompok di SMA Negeri 1 Kayuagung. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang, data diambil dari hasil tes intelegensi, tes bakat diferensial , skala minat terhadap berbagai profesi, angket mengenai cita-cita, prestasi akademik atau non akademik, dukungan orangtua, dokumentasi nilai raport dan inventori tentang pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi. Data dianalisis secara deskriptif kemudian diklasifikasikan menjadi kategori siswa yang tepat dan tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman siswa untuk memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Sebelum dilakukan tindakan, ada 8 orang siswa dalam kategori yang tidak tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi. Setelah dilakukan dua siklus bimbingan kelompok dengan metode diskusi kelompok terjadi peningkatan pemahaman terhadap siswa menjadi tepat dalam memilih jurusan/prodi di perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan IQ, bakat, minat, cita-cita, prestasi, nilai raport, dan dukungan orangtua. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa metode diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk pemilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi, Metode Diskusi Kelompok |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251-318 Moral education. Character building |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Users 2729 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 07:49 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 07:49 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20284 |
Actions (login required)
View Item |