RICKI, MUHAMMAD and Putri, Vegitya Ramadhani and Flambonita, Suci (2016) PEMENUHAN KEWAJIBAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP HAK PENDIDIKAN ANAK TERLANTAR DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02111001069.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_74201_02111001069_0027068303_0018077902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (669kB) | Preview |
Text
RAMA_74201_02111001069_0027068303_0018077902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (379kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02111001069_0027068303_0018077902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (536kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02111001069_0027068303_0018077902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02111001069_0027068303_0018077902_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Anak merupakan generasi penerus cita-cita bangsa yang memiliki peran strategis untuk menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara. Sebagai konsekuensi dari hubungan Negara dan rakyat yang telah terikat dalam landasan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 negara wajib memelihara anak terlantar, Negara berkewajiban menjamin terpenuhnya hak-hak anak terlantar khususnya hak pendidikan baik formal maupun nonformal. Penulisan ini menggunakan tipe penelitian yuridis empiris dengan pendekatan undang-undang, pendekatanstudi kasus dan pendekatan konseptual yang menggunakan teknik analisis secara kualitatif, kemudian ditarik kesimpulan melalui pola pemikiran induktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pemenuhan hak pendidikan bagi anak terlantar di kota Palembang khususnya pendidikan nonformal. Data yang digunakan yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Keppres No. 36 tahun 1990 tentang Konvensi Hak Anak ,UU No. 20 Tahun 2003 dan UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, serta hasil wawancara dengan ketua bidang pelayanan dan rehabilitasi Dinas Sosial kota Palembang dan Ketua Komunitas Save Street Child Palembang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan yang cocok untuk anak terlantar adalah pendidikan nonformal. Untuk itu penulis menyarankan agar pemerintah dapat bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat dan komunitas peduli anak terlantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, hak pendidikan, anak terlantar, pendidikan nonformal |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1960-1973 Public welfare. Public assistance |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Dies Meirita Sari |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 13:20 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 13:20 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20421 |
Actions (login required)
View Item |