PERBEDAAN PENGGUNAAN TEKA-TEKI SILANG DAN PILIHAN GANDA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 4 PALEMBANG

BARKAH, PUTRI and Yosef, Yosef and Soetopo, Sungkowo (2016) PERBEDAAN PENGGUNAAN TEKA-TEKI SILANG DAN PILIHAN GANDA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 4 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_02. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_03. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_04. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_05. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013030_0023036204_0011035302_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca pemahaman dengan menggunakan teka-teki silang dan pilihan ganda serta mengetahui pendapat siswa tentang mengerjakan soal teka-teki silang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif yaitu dengan membandingkan dari kedua hasil belajar siswa menggunakan teka-teki silang dan pilihan ganda. Populasi pada penelitian ini kela IVB SD Negeri 4 Palembang dengan jumlah siswa laki-laki 13 orang dan jumlah siswa perempuan 13 orang, jadi total siswa ada 26 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah dua jenis tes tertulis yaitu tes dengan menggunakan soal yang berbentuk teka-teki silang dan tes yang berbentuk pilihan ganda. Dengan memberikan sebuah teks bacaan kepada siswa, lalu memberikan soal berbentuk teka-teki silang dan pilihan ganda maka didapatlah hasil grafik yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pilihan ganda. Hal itu disebakan karena pada saat siswa mengerjakan pilihan ganda siswa tidak membaca teks dengan teliti lagi karena sudah ada jawaban di dalam soal tersebut. Oleh karena itu, hasil belajar siswa menggunkan teka-teki silang lebih tinggi serta siswa lebih menyukai mengerjakan soal teka-teki silang daripada pilihan ganda berdasarkan kuesioner yang telah diberikan kepada 26 orang siswa di kelas IVB SD Negeri 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teka-teki silang, hasil belajar dan membaca pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:36
Last Modified: 11 Dec 2019 03:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item