PEMBELAJARAN BAHASA ASING YANG BERKARAKTER INDONESIA

Rarasati, Sri (2011) PEMBELAJARAN BAHASA ASING YANG BERKARAKTER INDONESIA. KONGRES INTERNASIONAL MASYARAKAT LINGUISTIK INDONESIA, 1 (1). pp. 131-135. ISSN 979378615

[thumbnail of df6ffe6b5815275fe4e9071e17fff1e3.pdf]
Preview
Text
df6ffe6b5815275fe4e9071e17fff1e3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa para peserta didik dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi lebih merasa bangga berbahasa asing daripada berbahasa Indonesia, merasa lebih terhormat bila mahir berbahasa asing, memberikan apresiasi yang tinggi kepada orang yang mahir berbahasa asing daripada kepada orang yang mahir berbahasa Indonesia, para orang tua rela mengeluarkan biaya yang mahal untuk putra-putrinya kursus bahasa asing. Celakanya lagi, fakta terakhir membuktikan bahwa di beberapa daerah nilai ujian nasional bahasa Inggris lebih tinggi daripada nilai bahasa Indonesia. Mencermati kondsi tersebut di atas, kita perlu merasa prihatin. Namun, bukan berarti bahasa asing tidak perlu. Dengan kemajuan zaman dan teknologi, bahasa asing (terutama bahasa dunia seperti bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Arab) merupakan salah satu kunci untuk dapat mengikutinya supaya tidak ketinggalan. Namun, perlu disadari bahwa pembelajaran bahasa asing jangan menjadikan peserta didik merasa ‘asing’ dengan budaya dan kepribadian Indonesia. Bahasa asing dipelajari dan dikuasai dengan tetap memperhatikan dan mempertahankan kepribadian bangsa, yaitu dengan melaksanakan pembelajaran bahasa asing yang berkarakter Indonesia. Pendidikan seharusnya mampu menciptakan pribadi (generasi penerus) yang bermoral, mandiri, matang dan dewasa, jujur, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berperilaku santun, tahu malu dan tidak arogan serta mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok, sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3,

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL(490)-495 Far Eastern languages and literature
#1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Lectures Monitoring (Monitoring Perkuliahan)
Depositing User: Sri Rarasati Mulyani
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:02
Last Modified: 12 Dec 2019 02:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item