Husin, Azizah (2013) TELAAH SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN PEMBEBASAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2013. Program Studi Pendidikan Matematik FKIP Unsri, pp. 37-47.
Preview |
Text
AZIZAH_HUSIN-TELAAH_SISTEM_PENDIDIKAN_NASIONAL_DARI_PERSPEKTIF_PENDIDIKAN_PEMBEBASAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk menelaah system pendidikan nasional dilihat dari prespektif pendidikan pembebasan. Potret system pendidikan Indonesia masih belum mencerminkan terlaksananya praktek pemberian hak kepada guru dan sekolah untuk berperan dalam system pendidikan yakni sebagai subjek pendidikan. Peranan guru dan sekolah hanya sebagai pelaksana kebijakan kemendikbud yakni pelaksana kurikulum nasional, system evaluasi nasional, dan swastanisasi pendidikan. Hal ini berdampak pada pelaksanaan proses pendidikan disekolah yakni pada pelaksanaan proses pendidikan di lapangan. Kurikulum yang overloaded menyebabkan guru kekurangan waktu untuk mengembangkan materi ajar serta menggunakan variasi metode dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKS jadi andalan guru. Dengan LKS guru merasakan lebih ringan mengajar jika tidak sempat mengajar atau menyelesaikan materi. Ujian nasional memacu guru dan murid mengejar prestasi nasional yang bersifat kognitif. Swastanisasi pendidikan menyebabkan biaya pendidikan menjadi mahal. Pada akhirnya tujuan pendidikan untuk membentuk insan yang inovatif kreatif menjadi kurang maksimal. Hal ini berpengaruh kepada kemampuan daya saing di tingkat global.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem pendidikan nasional, kurikulm, ujian nasional, slvastanisasi pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1) |
Depositing User: | Azizah Husin |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 03:54 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 03:54 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/22125 |
Actions (login required)
View Item |