Ismarti, Lilia and Hartono, Yusuf Pembelajaran Operasi Perkalian Aljabar Menggunakan Algeblocks di SMP. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.
Text
Lilia_Ismarti.docx Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran algeblocks dalam membantu siswa menemukan konsep perkalian aljabar dengan konteks luas area kebun melaluiPendekatan PMRI.Algeblocks adalah model geometris tiga dimensi yang berbentuk balok dan kubus. Metode penelitian ini menggunakan desain riset yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama merupakan tahappersiapan (studi literatur) dan desain pendahuluan dalam mendesain lintasan belajar (HLT). Tahap kedua adalah tahap Percobaan yang terdiri dari percobaan mengajar di kelas pilot (pilot experiment) dan dikelas percobaan (teaching experiment). Dan tahap ketiga merupakan tahap analisis retrospektif (retrospective analysis).Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Jejawi dengan melibatkan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui rekaman video, lembar aktivitas siswa, dan wawancara kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah lintasan belajar (LIT) yang terdiri dari 4 aktivitas dan menunjukkan bahwa algeblocks dengan pendekatan PMRI dapat membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran perkalian aljabar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Dr., S.Pd. Hapizah Hapizah |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 13:06 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 13:06 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23242 |
Actions (login required)
View Item |