Identifikasi Kelainan Jantung Menggunakan Pola Citra Digital Electroradiogram

Saparudin, Saparudin and Ramadhan, Edvin (2010) Identifikasi Kelainan Jantung Menggunakan Pola Citra Digital Electroradiogram. JURNAL GENERIC, 5 (1). ISSN 1907-4093

[thumbnail of 5-Saparudin.pdf]
Preview
Text
5-Saparudin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Electrocardiograph merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pemeriksaan jantung. Electrocardiograph menghasilkan Informasi Electrocardiogram yang tidak dapat langsung dibaca oleh orang awam. Electrocardiogram menghasilkan citra grafik dan pernyataan tentang normal atau abnormalnya kondisi jantung. Electrocardiogram merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. Tahapan Image Processing untuk memperbaiki kualitas citra dan menangkap pola grafik Electrocardiogram yang akan dianalisis antara lain Image Smoothing dengan metode Gauss, Image Segmentation, Image Normalisation dan Image Thinning. Pola line grafik yang dihasilkan akan dianalisa untuk menentukan titik - titik penting tertentu pada line grafik yang telah ditemukan. Titik tersebut menjadi pembanding dalam sistem rule based knowledge dalam menemukan kelainan jantung tersebut. Dalam penelitian ini hasil pengujian yang dapat dikenali adalah 78.26% dari data pengujian yang ada.

Item Type: Article
Additional Information: Saparudin, Edvin Ramadhan, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Sriwijaya
Uncontrolled Keywords: Electrocardiograph, Electrocardiogram, Image Processing, Smoothing, Segmentation, Normalisation, Thinning, Line.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA75-76.95 Calculating machines > QA76 Computer software
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:05
Last Modified: 09 Jan 2020 07:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/23377

Actions (login required)

View Item View Item