Nurhayati, Nurhayati and Ratnawati, Latifah (2005) Penerapan Teknik Story Telling Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (1). pp. 61-79. ISSN 1411-2388
Text (Penerapan Teknik Story Telling Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.)
Penerapan_Teknik_Story_Telling_Dalam_Upaya_Meningkatkan_Kemampuan_Berbicara_Siswa__Sekolah_Dasar1.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 A SD N 1 lnderalaya dengan menggunakan teknik story telling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pada tes awal tidak seorang pun dari 22 siswa yang memperoleh nilai ? 75 (0%) sedangkan nilai rata-rata kelas 43. Pada tes akhir siklus I, terdapat 8 siswa yang mendapat nilai ? 75 (36 %) dengan nilai rata-rata kelas 62. Pada tes akhir siklus II, terdapat 16 siswa yang mendapat nilai ? 75 (73%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81. Pada tes akhir siklus III terdapat 19 siswa yang mendapat nilai >75 (86%) dangan nilai rara-rata kelas 83. Jadi, kemampuan siswa berbicara meningkat rnelalui penerapan teknik story telling. Dengan teknik itu siswa terlihat antusias (aktif dan senang) mengikuti kegiatan pembelajaran. Bila dilihat dari kriteria keberhasilan baik dari segi proses maupun dari segi hasil, siklus I dan II belum berhasil. Keberhasilan tindakan baru tercapai pada siklus III.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik story telling,kemampuan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Nurhayati Nurhayati |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 09:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 09:57 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24079 |
Actions (login required)
View Item |