Mahdijaya, Mahdijaya and Nurhayati, Nurhayati and Djamaah, Sopah (2003) Kajian Keterbacaan Buku?Buku Teks Pendamping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Formula Grafik Fry Dan Prosedur Klos. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (02). pp. 120-134. ISSN 1411-2388
Text (Kajian Keterbacaan Buku–Buku Teks Pendamping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Formula Grafik Fry Dan Prosedur Klos.)
Kajian_keterbacaan_buku.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku-buku teks pendamping pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD dengan formula keterbacaan grafik Fry dan prosedur klos di Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan grafik Fry dan prosedur klos. Sampel penelitian ini adalah 97 siswa kelas V SDN. Buku teks yang diteliti berjumlah enam buah yang diterbitkan oleh beberapa penerbit swasta. Berdasarkan kajian tingkat keterbacaan dengan grafik Fry diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks cocok, sedangkan tiga teks buku lainnya tidak cocok untuk siswa kelas V SD. Berdasarkan kajian keterbacaan dengan prosedur klos diperoleh hasil penelitian: tiga buku teks memeiliki tingkat keterbacaan rendah, sedangkan tiga buku lainnya memiliki tingkat keterbacan sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterbacaan,buku teks pendamping,grafik fry,prosedur klos |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Nurhayati Nurhayati |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 09:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 09:57 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24082 |
Actions (login required)
View Item |