Integrasi ICT dan pedagogi untuk meningkatkan daya guna teknologi dalam dunia pendidikan

Syuhendri, Syuhendri (2009) Integrasi ICT dan pedagogi untuk meningkatkan daya guna teknologi dalam dunia pendidikan. In: Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sriwijaya, 14 Mei 2009, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of Semnan_Nasional_FKIP_Integrasi_TIK.._Syuhendri.pdf]
Preview
Text
Semnan_Nasional_FKIP_Integrasi_TIK.._Syuhendri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak ada jaminan bahwa teknologi dapat mengatasi kegagalan sekolah dalam meningkatkan daya serap siswa dan menyelesaikan semua permasalahan pernbelajaran. Teknologi tidak bisa menggantikan peran guru dalam mengendalikan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi semata tidak akan berfungsi dengan baik dan akan memberikan hasil yang jauh dari harapan. Selama ini jarang dibicarakan apakah pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) sudah berada pada alur yang sepatutnya. Workshop TlK, semata-mata atau minimal dititikberatkan, bagaimana memanfaatkan perangkat keras ataupun program untuk pembelajaran dan belum mempertanyakan bagaimana perangkat atau progam yang ada dapat digunakan untuk pembelajaran. Banyak skripsi pendidikan ditulis sebatas menggunakan fasilitas yang tersedia pada komputer, belum menggali bagaimana seharunya fasilitas tersebut digunakan untuk memperkuat pembelajaran. Bisakah animasi dibuat oleh programmer semata? Atau perlu melibatkan orang yang mengerti materi-subjek dan memahami psikologis calon audien? Pada tulisan ini dicoba dijawab pentingnya menyatukan antara TIK dan pedagogi. Pedagogi gayut kepada materi-subjek, pembelajar, dan guru yang mengajar. Berbeda salah satu komponen ini akan menghasilkan pedagogi yang berbeda, dan pada akhirnya seharusnya memunculkan hasil aplikasi teknologi informasi yang berbeda pula. Tulisan ini basis bagi pengembangan lebih lanjut tentang integrasi TIK dan pedagogi. Pendekatanya, penerapan pedagogi kelas tradisional merupakan langkah awal pengembangan pedagogi kelas berbasis TlK. Memahami peran guru sebagai fasilitator, bukan pengajar, merupakan kunci sukses integrasi TIK-Pedagogi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr. Syuhendri, M.Pd.
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:19
Last Modified: 15 Jan 2020 08:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24198

Actions (login required)

View Item View Item