PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODELLING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA SISWA KELAS XI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

SAPUTRA, M. DAMMIRI and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Aisyah, Nyimas (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODELLING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA SISWA KELAS XI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_02.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_03.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_04.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_05.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_06.ref.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_06.ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_07.lamp.pdf] Text
RAMA_84202_ 06081281419028_ 0028086503_0010116402_07.lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan the non-equivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mathematical modelling terhadap kemampuan memahami soal cerita siswa dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi SMA YPI Tunas Bangsa Palembang dan teknik pemilihan sample dalam penelitian ialah intact class dengan sample siswa kelas xi IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan memahami soal cerita siswa adalah soal tes uraian sebelum dan sesudah pembelajaran mathematical modelling. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan memahami soal cerita siswa yang diberikan treatment pembelajaran mathematical modelling sebesar 79,34 sedangkan pembelajaran konvensional sebesar 29,31. Dari hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji analysis of covariance dengan mengontrol kemampuan awal siswa diperoleh nilai sig < x (0,0000 <0,05) sehingga H0 ditolak. Maka, dengan mengontrol kemampuan awal siswa, rata-rata kemampuan memahami soal cerita siswa yang diberikan pembelajaran mathematical modelling lebih tinggi dan signifikan daripada rata-rata kemampuan memahami soal cerita siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Matematika Modelling, Kemampuan Memahami Soal Cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Mrs Sri Astuti
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:58
Last Modified: 26 Jul 2019 16:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item