Fitriyanti, Fitriyanti (2017) Nilai-Nilai Karakter Dalam Pelajaran Akuntansi. In: Seminar Nasional Pendidikan PGRI 2017. PGRI, pp. 46-50. ISBN 978-602-61512-0-9
Preview |
Text
proseding_semnas_pgri_2017-fitriyanti.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran. Integrasi dapat dilakukan dalam materi pembelajaran yang bermuatan nilai-nilai karakter. Setiap mata pelajaran telah memuat materi-materi yang berkaitan dengan karakter, demikian juga halnya dalam pelajaran akuntansi. Nilai- nilai karakter yang terdapat dalam pelajaran akuntansi misalnya yang terdapat pada materi konsep dasar akuntansi. Namun sebagian besar proses pembelajaran baru menyentuh tataran kognitif dan belum menyentuh internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari. Upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui moral knowing (pengetahuan tentang moral), moral feeling (perasaan tentang moral) dan moral action (perbuatan bermoral).
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Fitriyanti Fitriyanti |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 09:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 09:13 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24334 |
Actions (login required)
View Item |