Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Perbankan Di Program Studi Pendidikan Ekonomi

Fitriyanti, Fitriyanti and Fatimah, Siti (2014) Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Perbankan Di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Forum Sosial, 07 (01). pp. 303-408. ISSN 1972-8681

[thumbnail of Fitriyanti_Jurnal_forum_sosial_Penggunaan_Multimedia_untuk_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Mahasiswa.pdf]
Preview
Text
Fitriyanti_Jurnal_forum_sosial_Penggunaan_Multimedia_untuk_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Mahasiswa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan multimedia pada mata kuliah Akuntansi Perbankan di program studi Pendidikan Ekonomi semester ganjil 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan Ekonomi pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V yang berjumlah 51 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan empat siklus pertemuan yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menjajaki permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakaan yang dipilih yaitu menggunakan multimedia. Penelitian tindakan kelas di mulai dari siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, ketiga dan diakhiri siklus keempat. Secara umum hasil penelitian menunjukkan penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang dilihat dari siklus pertama hingga siklus keempat. Mahasiswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik pada siklus pertama sebesar 53%, meningkat menjadi 62,8% pada siklus kedua, 72,6% pada siklus ketiga dan siklus keempat sebesar 96%. Pada siklus keempat indikator telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa untuk itu disarankan kepada dosen untuk memvariasikan media pembelajaran sehingga proses perkuliahan berjalan dengan baik. Kata Kunci : multimedia, hasil belajar mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Fitriyanti Fitriyanti
Date Deposited: 16 Jan 2020 09:13
Last Modified: 16 Jan 2020 09:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item