SURYANTO, DIKI and Hapizah, Hapizah (2019) KEMEMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS) PADA MATERI POLA BILANGAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (285kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (806kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381621037_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan pemodelan matematika siswa setelah diterapkanya pendekatan MEAs pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.1 SMPN 56 Palembang yang berjumlah 27 siswa. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, dan observasi. Soal tes disusun dengan mengacu pada indikator kemampuan pemodelan matematika, wawancara dilakukan dengan tujuan sebagai data pendukung dari hasil tes, sedangkan obsevasi dilakukan untuk melihat keterlaksanaan pendekatan MEAs pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan informasi bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa kelas VIII.1 SMPN 56 Palembang berada pada kategori baik dengan rata-rata 78,29. Terdapat 17 siswa dengan ketegori sangat baik, 6 siswa dengan ketegori baik, 3 siswa dengan kategori cukup, dan 1 siswa dengan ketegori kurang. Hasil wawancara menunjukan bahwa siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pola bilangan, namun dalam proses membuat model matematika masih terdapat kesulitan karena tidak ingat dengam materi sebelumnya, serta dalam menyelesaikan permasalahan dan menafsirkan kembali hasil matematika yang didapat ada siswa yang tidak dapat melakukannya. Keterlaksanaan pada komponen pendekatan MEAs yaitu komponen newspapers article, readines or warm-up questions, data table or mathematical information, dan problem statment dapat merangsang kemampuan pemodelan matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deskriptif, kemampuan pemodelan, pendekatan MEAs |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Users 4514 not found. |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 03:09 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 03:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/24903 |
Actions (login required)
View Item |