Pengaruh Model Pembelajaran Kontrol Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang

Jaenudin, Riswan and Haryani, Maya and AR, Rusmin (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kontrol Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang. Forum Sosial, 7 (1). pp. 418-430. ISSN 1972-8681

[thumbnail of cover-3.pdf]
Preview
Text
cover-3.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of isi-3.pdf]
Preview
Text
isi-3.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA negeri 8 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah 382 orang siswa. Sampel yang diambil sebanyak 72 orang dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan observasi. Hasil observasi terhadap penerapan model pembelajaran kontrol diri di kelas eksperimen pada pertemuan pertama diketahui sebesar 44,4% dengan kategori cukup, pertemuan kedua sebesar 66,7% dengan kategori baik, dan pertemuan ketiga sebesar 88,9% dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil observasi terhadap peningkatan motivasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontrol diri pada pertemuan pertama adalah sebesar 25% dengan kategori kurang, pada pertemuan kedua sebesar 50% dengan kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 80% dengan kategori baik. Hasil analisis data angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran kontrol diri diperoleh nilai rata-rata sebesar 130,69, sedangkan rata-rata nilai motivasi pada kelas kontrol sesudah menggunakan model pembelajaran langsung adalah 111,47. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 19,222. Hasil perhitungan uji-t didapat nilai t-hitung 14,091 > t-tabel (df:70) 1,994, tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh model pembelajaran kontrol diri dengan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Palembang. Dengan demikian diharapkan model pembelajaran kontrol diri dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran mata pelajaran Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk penelitian berikutnya diharapkan agar peneliti dapat memilih dan menyesuaikan model pembelajaran yang akan digunakan dengan melihat dari kondisi siswa dan lingkungan belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kontrol diri, model pembelajaran langsung, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:25
Last Modified: 28 Jan 2020 02:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item