Analisa DGA Terhadap Kinerja Transformator 30 MVA Gardu Induk Betung Menggunakan Metode Fuzzy

Amri, Djulil (2012) Analisa DGA Terhadap Kinerja Transformator 30 MVA Gardu Induk Betung Menggunakan Metode Fuzzy. In: Seminar Nasional Teknik Elektro (SNTE 2012), ISBN 978-602-97832-0-9, 6 Desember 2012, Jurusan Teknik Elektro Poltek Negeri Jakarta Depok.

[thumbnail of Buku_Prosiding_SNTE_2012_2.pdf] Text
Buku_Prosiding_SNTE_2012_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini, penulis menganalisa DGA (Dissolved Gas Analysis) terhadap kinerja transformator 30 MVA menggunakan metode fuzzy, yang berada pada Gardu Induk Betung. DGA (Dissolved Gas Analysis) merupakan analisis gas terlarut pada minyak isolasi transformator dan merupakan salah satu bentuk perawatan untuk minyak isolasi transformator. Dalam menganalisa DGA menggunakan metode fuzzy IEC, dimana metode yang digunakan berbeda dengan metode fuzzy pada umumnya, metode fuzzy ini tidak menggunakan defuzzyfikasi melainkan menormalisasikan hasil dari fire strength. Setelah didapatkan nilai dari normalisasi, maka nilai tersebut di masukkan dalam tabel indikasi Fuzzy IEC. Tabel ini mengindikasikan secara detail apa yang terjadi dalam minyak isolasi. Selain menganalisa DGA dengan menggunakan metode fuzzy, pada penelitian ini membandingkan dengan metode IEEE yang di gunakan oleh PT. PLN (Persero)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Minyak Isolasi, DGA (Dissolved Gas Analysis), Metode IEEE dan Fuzzy IEC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:28
Last Modified: 23 Jan 2020 08:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item