Mandasari, Vina and Tama, Bayu Adhi (2011) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining. JURNAL GENERIC, 6 (1). pp. 25-28. ISSN 2087-9814
Preview |
Text
Analisis_Kepuasan_Pelanggan_Terhadap_Restoran_Cepat_Saji_Melalui_Pendekatan_Data_Mining-Jurnal_Generic.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing restoran cepat saji untuk memenangkan persaingan, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu restoran cepat saji yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan konsumennya adalah Restoran XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen Restoran XYZ menggunakan data mining dengan algoritma C4.5. Attribut masukan kepuasan konsumen dalam penelitian ini, mencakup produk, pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi yang berasal dari data hasil survei. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa rules yang dibangkitkan dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manejemen dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan laba mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA8.9-QA10.3 Computer science. Artificial intelligence. Computational complexity. Data structures (Computer scienc. Mathematical Logic and Formal Languages |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 07:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 07:56 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25458 |
Actions (login required)
View Item |