Suhendi, Didi (2011) Pergeseran Visi Pendidikan Perempuan dalam Kesejarahan Novel-Novel Indonesia: Kajian Kritik Sastra Feminis. In: Prosiding Seminar Internasional Persembahan untuk 70 Tahun Prof. Dr. Siti Chamamah-Soeratno. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-979-185-263-0
Preview |
Text
Cover_6.pdf Download (189kB) | Preview |
Preview |
Text
Isi_3.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Dilahirkan sebagai laki-laki atau perempuan merupakan takdir, kodrat, dan tidak bersifat arbitrasi. Setiap jenis kelamin itu memiliki hak yang sama untuk mengembangkan potensi intelektualitasnya dan menikmati kehidupan yang bebas dari segala bentuk ketidakadilan. Akan tetapi, hidup dalam budaya masyarakat yang menempatkan posisi laki-laki sebagai pusat kekuasaan membuat perempuan didominasi, disubordinasi, dan didiskriminasi dalam segala bidang kehidupan. Dalam masyarakat semacam ini, laki-laki dipandang superior terhadap perempuan di berbagai sektor kehidupan, baik domestik maupun publik. Dominasi laki-laki atas perempuan itu memperoleh legitimasi, terutama dari nilai-nilai agama yang tersosialisasi secara turun-temurun dari generasi ke generasi (Darwin, 2001:24). Ideologi yang memberikan legitimasi kepada laki-laki untuk mendominasi dan mengontrol tubuh, seksualitas, okupasi, status, dan peran perempuan, baik dalam keluarga maupun masyarakat, dikenal dengan ideologi patriarki (Sindhunata dan Banawiratma, 1996:8)
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kajian Kritik Sastra Feminis |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 09:39 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 09:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25460 |
Actions (login required)
View Item |